Perang Dunia II

Perang Dunia II melibatkan  banyak negara yang membagi kekuatan dunia menjadi dua aliansi militer, yaitu Medan peperangan ada di Eropa, Asia, Afrika, dan Pasifik.
 Latar Belakang Perang Dunia II
Menjelang perang dunia 2 beberapa negara di eropa memiliki keinginan balas dendam akibat kekalahan perang dunia  1 yang menyebabkan negara negara tersebut mengalami kehancuran ekonomi, oleh karena itu mereka berusaha bangkit dengan cara dikrator dan mengembangkan paham ultranasionalisme. Secara umum perang dunia kedua dilator belakangi oleh hal hal :
1. LBB tidak mampu mencegah pertikaian yang terjadi, khususnya di Eropa.
2. Setelah perang dunia 1 terjadi perlombaan pengadaan senjata di
               berbagai negara.
3. Aliansi politik terbentuk kembali akibat perasaan saling curiga antar
               negara. Menjelang perang dunia 2, terdapat 2 aliansi yang bertetangan
               yaitu blok herman dan italia dengan paham fasis ( blok sentral)
              menghadapi blok Perancis dan Inggris dengan paham demikeatis serta
              blok rusia dengan paham komunis.
4. Beberapa negara yang telah berhasil mengatasi krisis politik dan ekonomi
               tumbuh menjadi negara ultranasional yang menjalankan imperialisme
               gaya baru.
5. Terjadi penyerbuan2 ke beberapa wilayah oleh negara sentral. Oros
               /sentral.
Proses Terjadinya Perang Dunia II
Ø Versi Eropa
Perang Duna II mulai berkecamuk pada tahun 1939. Pada saat itu negara – negara blok sentral berusaha memperluas wilayah kekuasaannya. Setelah wilayah Chekoslovakia terinvasi, muncullah aksi militer internasional untuk menentang invasi Jerman. Kemudian Jerman yang dipimpin oleh Adolf Hitlermenanda tangani pakta Molotov Ribbentop bersama Unisoviet pada Agustus 1939.
Jerman dan Unisoviet sepakat untuk membagi Eropa Timur secara rahasia. Dan pada 1 September 1939 Jerman menginvasi Polandia. Akibatnya Inggris dan Perancis mengumumkan perang terhadap Jerman. Pada Juli 1939 Italia mendeklarasiakn perang atas sekutu. Lalu Inggris mengirim pasukannya ke Perancis, tetapi pasukan tersebut berhasil dikalahkan oleh pasukan sntral sehingga harus kembali ke Inggris.
Kekuasaan Adolf Hitler berhasil mengusai sebagian wilayah Eropa dan kemuadian Adolf Hitler ingin menginvasi Inggris dan pada Juli 1940 Cutwaffe mulai menyerang inggris. Pertempuran ini berlangsung hingga 31 Oktober 1940.
Sementara itu Italia dibawah kepemimpinan Mussolini menginvasi Yunani dan Afrika bagian utara, tetapi pasukan Italia berhasil dipaksa mundur oleh pasukan Inggris dan dibawah komando Jendral Rommel akhirnya berhasil memukul mundur balik pasukan Inggris hingga ke Mesir.
Ø Versi Asia
Pada awal Perang Dunia ke II Amerika bersikap netral. Kemudian sikap itu berubah setelah Jepang mengebom Pearl Harbour. Serangan ini terjadi pada  7 Desember 1941. Hal ini yan gmenyeret Amerika ke Perang Dunia ke II. Serangan ini juga menjadi invasi Jepang kewilayah Asia Pasifik. Dan akibat serangan ini Jebang berhasil menduduki Birma, Hongkong, Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Filipina. Hingga tahun 1941 blok sentral selalu mendapat kemenangan tetapi keadaan mulai berbalik pada tahun 1942 ketika sekutu memenangkan pertempuran al alamein, Mesir.
Pada tahun 1943 inggris dan amerika mulai menyerang pusat industri dan kota di jerman. Pada bulan juli 1943 mereka mendarat di pulau sisilia. Kedatangan pasukan sekutu memicu kejatuhan mussiolini dan menyerahnya italia dalam peperangan.        
Kekalahan jerman semakin bertambah ketika pasukan uni soviet beralih memihak sekutu. Pasukan uni soviet berhasil memukul mundur tentara jerman dalam pertempuran stalingrad. Pada tanggal 6 juni 1944 (d-day) pasukan sekutu berhasil mendarat di normandia, prancis. Jerman berusaha membalas tetapi serangannya dipatahkan. Akhirnya pada bulan maret 1945 sekutu berhasil menduduki kota berlin, jerman. Jerman akhirnya menyerah tanpa syarat kepada sekutu tanggal 7 Mei 1945.
Keberhasilan jepang menginvasi asia tenggara dan pasifik segera dibalas amerika serikat dan sekutu. Pada tanggal 4-8 mei 1942 terjadi pertempuran laut koral yang menggagalkan jerman menginvasi australia. Selanjutnya, pada tanggal 4-6 juni 1942 terjadi pertempuran di midway. Dalam pertempuran ini jepang juga mengalami kekalahan setelah pasukan amerika serikat berhasil menghancurkan angkatan Laut Jepang.
Berakhirnya Perang Dunia II
Keberhasilan Amerika Serikat dalam merebut wilayah-wilayah Pasifik membuat Amerika Serikat ingin segera mengakhiri peperangan.
Untuk mengakhiri Perang Dunia II, negara-negara yang terlibat peperangan menandatangani beberapa perjanjian. Beberapa perjanjian tersebut sebagai berikut.
1) Perjanjian Postdam yang ditandatangani pada tanggal 2 Agustus 1945
               antara Sekutu dan Jerman. Perjanjian ini berisi penyerahan wilayah
              Jerman Timur kepada Uni Soviet dan Jerman Barat kepada Amerika
             Serikat, Inggris, dan Prancis. Adapun Kota Danzig diserahkan kepada
            Polandia.
2) Perjanjian antara Jepang dan Sekutu di atas kapal Missouri di Teluk
               Tokyo pada tanggal 2 September 1945.
3) Perjanjian Sekutu dan Italia pada bulan Februari 1947 yang diadakan di
               Paris.
Berakhirnya peperangan dengan penandatanganan beberapa perjanjian menunjukkan adanya usaha damai untuk menyelesaikan peperangan.

Pengaruh Perang Dunia II
Perang dunia II telah mengubah peta politikdunia,menyebabkan melemahnya perekonomian dan kehidupan sosial maayarakat,memunculkan negara-negara baru ,serta memunculkan politik aliansi.
A. Bidang Politik
Perang dunia II yang berakhir dengan kemenangan sekutu menimbulkan pengaruh terhadap peta politik dunia. Sejak berakhirnya Perang Dunia II ,Amerika Serikat dan Uni Soviet muncul sebagai negara adidaya. Dalam perkembanggannya, terjadi persaingan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet dalam era baru yang dinamakan Perang Dingin.
Pasca Perang Dunia II negara-negara jajahan mulai menuntut kemerdekaan. Indoneaia merupakan negara yang pertama yang berhasil memperoleh kemerdekaan pasca Perang Dunia II.
Perang Dunia II menyebabkan keinginan negara-negara didunia untuk membentuk sebuah lembaga perdamaian yang dibentuk untuk menggantikan LBB yang telah gagal membendung terjadinya Perang Dunia II.
B. Bidang Sosial-Ekonomi
Perang Dunia II mempengaruhi kegiatan perekonomian dunia. Berbagai infrastruktur hencur akibat peperangan. Kegiatan perekonomian terhenti karena negara-negara besar yang berbasus industri mengutamakan industrinya untuk memasok kegiatan perang. Hanya Amerika Serikat yang memiliki perekonomian stabil pada Perang Dunia II.

Dalam bidang sosial, Perang Dunia II menyebabkan ribuan orang dimobilisasi dari negara asalnya untuk ikut terjun dalam peperangan. Banyak orang menjadi korban perang,mereka mengalami cedera fisik dan psikis. Kekacauan dan penderitaan yang terjadi selama Perang Dunia II menyadarkan kita pentingnya perdamaian dan rasa kemanusiaan.
C. Bidang Hubungan Internasional
Munculnya aliansi – aliansi untuk memperkuat kekuatan dan menentukan kebijakan. Aliansi tersebuta adalah:

Terbagi menjadi 2 blok yaitu block timur dan blok barat
A. Blok Timur
      1. Cominform ( The Communist Information Bureau ) yang dibentuk pada tahun 1947. Cominform Merupakan wadah kerja sama partai – partai kumonis Eropa yang berpusat di Beograd, Yugoslavia.



2. Pakta Warsawa yang dibentuk pada tahun 1955. Pakta Warsawa dibentuk oleh Jerman Timur, Cekoslovakia, Hungaria, Bulgaria, Polandia, Rumania, dan Albania. Pakta Warsawa merupakan kerja sama pertahanan dan keamanan negara – negara komunis.





B. Blok Barat



1. NATO ( North Athlantic Treaty Organization ) yang dibentuk pada tanggal 14 April 1949. Negara yang menjadi anggota NATO adalah Inggris, Irlandia, Islandia, Norwegia, Denmark, Belgia, Belanda, Luksemburg, Perancis, Portugal, Kanada, dan Amerika Serikat. Pembentukan NATO bertujuan untuk
                                                             membendung pengaruh komunisme.





2. ANZUS ( Australia, New Zealand, and United State ) yang dibentuk pada tahun 1951. ANZUS merupakan pakta pertahanan yang terdiri atas Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru.

 


3. SEATO ( South East Asia Treaty Organization ) yang dibentuk pada tahun 1954. SEATO merupakan kerja sama pertahanan antara negara –Negara Asia Tenggara dengan pihak barat. Anggota SEATO adalah Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Filipina,
                                                                                  Singapura, dan Selandia Baru.  


             
              SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT,, TERIMAKASIH    
         





Komentar